Daftar Peraih Anugerah Festival Tari Borneo VI Tahun 2016

Peraih Anugerah Koreografi
Terbaik 1 : Universitas Mulawarman, Samarinda, Kaltim, Indonesia
Terbaik 2 : Universitas Tanjung Pura, Pontianak, Kalbar, Indonesia
Terbaik 3 : Universiti Teknologi Mara (UiTM) Sabah, Malaysia

Peraih Anugerah Busana Terbaik
Terbaik 1 : Universitas Mulawarman, Samarinda, Kaltim, Indonesia
Terbaik 2 : Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalsel, Indonesia
Terbaik 3 : Universiti Teknologi Mara (UiTM) Sabah, Malaysia

Peraih Anugerah Musik
Terbaik 1 : Universitas Mulawarman, Samarinda, Kaltim, Indonesia
Terbaik 2 : Universitas Tanjung Pura, Pontianak, Kalbar, Indonesia
Terbaik 3 ; Universitas Palangkaraya, Kalteng, Indonesia

Peraih Tari Terbaik
Terbaik 1 : Universitas Mulawarman, Samarinda, Kaltim, Indonesia
Terbaik 2 : Universitas Tanjung Pura, Pontianak, Kalbar, Indonesia
Terbaik 3 : Universiti Teknologi Mara (UiTM) Sabah, Malaysia

JUARA UMUM : UNIVERSITAS MULAWARMAN, KALTIM, INDONESIA

Unmul Juara Umum FTB VI, UPM Bintulu Jadi Tuan Rumah Selanjutnya

Untuk pertama kalinya sejak digelar pada tahun 2006 silam, tim tari Universitas Mulawarman (Unmul) berhasil memenuhi ekspektasi civitas akademika universitas dengan menjadi juara umum Festival Tari Borneo (FTB) VI tahun 2016. Kepastian tersebut diumumkan dalam malam anugerah yang berlangsung malam tadi, Kamis, (22/09) di GOR 27 September Unmul.

016A3312

Hasil keputusan dewan juri yang merupakan para peserta perwakilan 16 universitas dari Negara Indonesia maupun Malaysia, menempatkan Unmul sebagai unggulan dalam segala lini. Universitas yang memasuki usia ke 54 tahun ini, berhasil meraih anugerah koreografi/penata tari, busana, musik, dan tari terbaik hingga akhirnya diumumkan menjadi juara umum ajang tari dua tahunan negara serumpun itu.

Mengangkat tema mempererat tali silaturahmi melalui budaya, serangkaian kegiatan FTB yang dimulai sejak 19 September itu, ditutup secara resmi oleh Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin., MP.  Sebagai ketua panitia sekaligus penanggung jawab FTB VI, dirinya menyatakan saat ini Unmul mengusung visi sebagai universitas berskala internasional. Penyelenggaraan FTB dirasa sebuah langkah kecil untuk mewujudkan visi tersebut.

016A3377

“Target sukses pelaksanaan dan sukses prestasi Alhamdulillah dapat terlampaui dengan menghantar Tim Tari FTB Unmul menjadi Juara Umum FTB VI 2016. Terimakasih semuanya tidak dapat saya sebut satu demi satu, panitia di Rektorat, tim dari Taman Budaya Kaltim, anandaku semua dari Tim Unmul, para LO, para driver, para pengantar surat, dan para sponsor yang sudah memberikan dukungan, dan semua kawan yang sudah berdoa bagi keberhasilan Tim Unmul untuk meraih Juara Umum. Unmul bisa, Unmul Juara, kalian semua Luar biasa,” jelas Dr. Encik Akhmad.

Di atas panggung, ia juga tidak ketinggalan menyampaikan permohonan maaf jika terjadi kekurangan dan kesalahan selama menjadi tuan rumah. Dikesempatan yang sama, Encik juga mengumumkan tuan rumah FTB berikutnya yang akan digelar dua tahun mendatang di University Putra Malaysia (UPM) Bintulu, Sarawak.

Hadir dalam malam anugerah ini, Rektor Universiti Teknologi Mara (UiTM) Sarawak, Malaysia, Prof. Dato Jamil Hj. Hamali, serta para tamu undangan perwakilan perguruan tinggi peserta FTB. (hms/frn)

14390860_10207251979318109_6372988652843590719_n

Lipan Raksasa di GOR Unmul

Panggung Festival Tari Borneo (FTB) VI tahun 2016, di Gelanggang Olahraga (GOR) 27 September Universitas Mulawarman (Unmul)  tempat kompetisi ajang tari Negara serumpun di kawasan Borneo tersebut, mendadak menampilan sebuah binatang berkaki jamak dalam ukuran besar. Binatang tersebut lazim disebut lipan atau kelabang.

016A2932

Dalam pementasan tari yang dihadiri ratusan penonton ini, tentu Lipan raksasa yang dimaksud bukan dalam wujud sebenarnya, melainkan lipan yang ditampilan tim tari FTB Unmul ini adalah sebuah replika sebagai properti pendukung dalam penampilan tari kreasi berjudul “Danau Lipan Bercahaya”.

Menutup penampilan terakhir, Rabu, (21/09), 16 penari dari Kampus Gunung Kelua, mengangkat cerita rakyat Kalimantan Timur yaitu legenda Danau Lipan. Tenggelamnya kapal bangsawan China beserta prajuritnya karena keganasan lipan jelmaan putri bernama Aji Bidara Putih yang kemudian membentuk daratan dan danau yang disebut Danau Lipan.

016A2905

Senada dengan kostum yang digunakan, dalam cerita, bangsawan China melamar Aji Bidara Putih namun lamarannya di tolak. Karena hal tersebut, bangsawan China beserta prajuritnya menyerbu Aji Bidara Putih. Diketahui, Danau Lipan terletak di kecamatan Muara Kaman kurang lebih 120 km di hulu Tenggarong ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Meskipun bernama Danau, daerah tersebut bukanlah Danau, namun merupakan sebuah daerah padang luas yang ditumbuhi semak dan perdu.

Setelah dua hari berlangsung, malam ini, Kamis, (22/09), perhelatan FTB VI akan berlanjut dengan malam anugerah dengan agenda pengumuman juara umum, penerima anugerah koreografi, musik, busana, tarian serta penyerahan hadiah juga pengumuman tuan rumah FTB berikutnya. (hms/frn)

Berjalan Sukses, FTB VI Umumkan Juara Malam Ini

Perhelatan Festival Tari Borneo VI Tahun 2016 di Universitas Mulawarman selama dua hari berjalan sukses, sebanyak 16 Perguruan Tinggi di bumi Borneo telah memberikan penampilan terbaiknya. Pembukaan FTB VI sendiri dilaksanakan Selasa, 20 September 2016 di GOR 27 September Universitas Mulawarman yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Mulawarman. Dan menurut rencana penutupan bertajuk Malam Anugerah Festival Tari Borneo VI Tahun 2016 akan dilaksanakan Kamis (22/9) malam di tempat yang sama.

016A2905
Pelaksanaan lomba sendiri dilakukan dengan tiga sesi, pada Selasa (20/9) malam tampil , sementara esoknya pada Rabu (21/9) siang tampil, dan malamnya tampil sekaligus sebagai malam puncak penampilan peserta lomba.
Pada Malam Anugerah FTB VI ini akan tampil beberapa penampilan pengisi acara dari UKM Band, Tarian dari Fakultas Ilmu Budaya, dan Stand Up Comedy dari Mahakarya Mulawarman, serta penampilan dari Paduan Suara Mahakarya Mulawarman.

016A2725
Pada Malam Anugerah ini pula akan diumumkan tuan rumah untuk perhelatan berikutnya, yakni Festival Tari Borneo VII tahun 2018, sebagaimana diketahui FTB dilaksanakan dua tahun sekali, setelah sebelumnya dilaksanakan di Sarawak dan tahun dilaksanakan di Universitas Mulawarman. Pemenang edisi sebelumnya yakni Universiti Malaysia Sabah (UMS) Labuan, ketika dihubungi Humas Unmul, UMS yakin mempertahankan Juara pada tahun ini.