Kampung Tenun

Microsoft Word - Document4Salah satu yang khas dari kota Samarinda adalah kain tenunnya. Kain tenun khas Samarinda memiliki motif kotak-kotak yang cantik. Jika ingin membeli kain tenun ini sebagai oleh-oleh, silakan datang ke Kecamatan Samarinda Seberang. Ada dua kampung yang menjadi pusat kerajinan ini yaitu Kampung Baqa dan Kampung Masjid.

Berada dipinggir Sungai Mahakam sebelah kiri jalan Pangeran Bendahara atau sekitar 300 meter dari Terminal Bus Sei Keledang. Dapat dicapai baik jalan darat melalui Jalan Bung Tomo atau menyeberangi Sungai Mahakam dari Pasar Pagi dengan menggunakan perahu tambangan. – See more at: http://www.pariwisatakaltim.com/informasi/pusat-kerajinan-sarung samarinda#sthash.An6xsQgc.dpuf

Kedua kampung ini menjadi tempat wisata bagi pengunjung dari luar kota. Di sini, selain membeli kain, Anda juga bisa melihat proses pembuatannya. Proses pembuatan kain ini masih sangat sederhana karena tetap menggunakan alat tenun bukan mesin yang disebut ‘Gedokan’.

Masjid Islamic Center Samarinda

Microsoft Word - Document4Adalah masjid yang terletak di kelurahan Teluk Lerong UluKota SamarindaKalimantan Timur, Indonesia, yang merupakan masjid termegah dan terbesar ketiga di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal dan Masjid Al-Akbar.[butuh rujukan] Dengan latar depan berupa tepian sungai Mahakam, masjid ini memiliki menara dan kubah besar yang berdiri tegak.

Masjid ini memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi. Untuk luas bangunan penunjang adalah 7.115 meter persegi dan luas lantai basement 10.235 meter persegi. Sementara lantai dasar masjid seluas 10.270 meter persegi dan lantai utama seluas 8.185 meter persegi. Sedangkan luas lantai mezanin (balkon) adalah 5.290 meter persegi. Lokasi ini sebelumnya merupakan lahan bekas areal penggergajian kayu milik PT Inhutani I yang kemudian dihibahkan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Bangunan masjid ini memiliki sebanyak 7 menara dimana menara utama setinggi 99 meter yang bermakna asmaul husna atau nama-nama Allah yang jumlahnya 99. Menara utama itu terdiri atas bangunan 15 lantai masing-masing lantai setinggi rata-rata 6 meter. Sementara itu, anak tangga dari lantai dasar menuju lantai utama masjid jumlahnya sebanyak 33 anak tangga. Jumlah ini sengaja disamakan dengan sepertiga jumlah biji tasbih.

Selain menara utama, bangunan ini juga memiliki 6 menara di bagian sisi masjid. Masing-masing 4 di setiap sudut masjid setinggi 70 meter dan 2 menara di bagian pintu gerbang setinggi 57 meter. Enam menara ini juga bermakna sebagai 6 rukun. Untuk informasi lebih lengkap tentang Masjid Islamic Center Samarinda ilahkan lihat disini

Amplang

Microsoft Word - Document4Sebenarnya amplang adalah kerupuk ikan. Disebut amplang kuku macan karena memang kalau diperhatikan amplang jenis ini mirip sekali dengan kuku macan, si raja hutan, dan ukurannya sekitar seujung jari kelingking atau ibu jari sehingga gampang disantap dalam satu kali suapan.

Memang sih belum diketahui benar darimana asal kemunculan amplang kuku macan karena di Pulau Kalimantan, banyak sekali yang jual seperti dari Samarinda dan Balikpapan. Yang membedakan ya ada yang rasanya biasa-biasa saja, tapi ada juga yang sudah jadi langganan banyak orang dan sering direkomendasikan untuk oleh-oleh karena teksturnya renyah dan taste ikan tenggirinya sangat terasa.  Selain itu, rasa dari amplang kuku macan juga lebih menyengat dan menggigit sehingga banyak orang yang ketagihan. Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa varian ini jadi begitu istimewa ya? Jawabannya adalah karena untuk membuat amplang kuku macan bumbu-bumbu yang digunakan juga spesial.

Memang benar kalau bumbu-bumbu yang dipakai tiap dapur pasti beda. Begitu juga dengan cara mencampur masing-masing bahan yang digunakan. Tapi intinya, bahan yang dipakai adalah ikan tenggiri yang masih segar atau tidak diinapkan karena bisa mengubah rasa dan aroma; gula; telur; tepung tapioka; jeruk; garam; bawang; merica; dan bumbu-bumbu lain untuk membangkitkan rasa amplang kuku macan.

Di Samarinda atau Balikpapan, gampang sekali menemukan camilan renyah amplang kuku macan, baik di kios-kios, toko, ataupun outlet-outlet karena amplang ini memang jadi oleh-oleh khas. Amplang kuku macan yang dijual ini dalam bentuk kemasan dengan berat yang beda-beda.

Citra Niaga

Microsoft Word - Document4 Microsoft Word - Document4Citra Niaga  merupakan kawasan pusat perdagangan di Kota SamarindaKalimantan Timur dengan luas sekitar 2,7 hektare yang dirancang untuk menyediakan tempat usaha bagi pedagang kecil (60%) serta pedagang besar dan menengah (40%). Citra Niaga dibangun pada tanggal 27 Agustus 1987. Lokasinya adalah bekas tempat bernama Taman Hiburan Gelora yang terbakar, kondisi waktu itu penduduk Samarinda baru sekitar 300.000 orang dan memerlukan pusat belanja dan rekreasi. Pusat Kegiatan belanja ini adalah karya arsitek Antonio Ismael ini pernah memperoleh perhargaan internasional Aga Khan Award for Architecture (AKAA) pada tahun 1989. Saat itu Citra Niaga bersaing dengan kandidat Bandara Soekarno-Hatta dan akhirnya Citra Niaga-lah yang terpilih menerima penghargaan tersebut.