Untuk pertama kalinya sejak digelar pada tahun 2006 silam, tim tari Universitas Mulawarman (Unmul) berhasil memenuhi ekspektasi civitas akademika universitas dengan menjadi juara umum Festival Tari Borneo (FTB) VI tahun 2016. Kepastian tersebut diumumkan dalam malam anugerah yang berlangsung malam tadi, Kamis, (22/09) di GOR 27 September Unmul.

016A3312

Hasil keputusan dewan juri yang merupakan para peserta perwakilan 16 universitas dari Negara Indonesia maupun Malaysia, menempatkan Unmul sebagai unggulan dalam segala lini. Universitas yang memasuki usia ke 54 tahun ini, berhasil meraih anugerah koreografi/penata tari, busana, musik, dan tari terbaik hingga akhirnya diumumkan menjadi juara umum ajang tari dua tahunan negara serumpun itu.

Mengangkat tema mempererat tali silaturahmi melalui budaya, serangkaian kegiatan FTB yang dimulai sejak 19 September itu, ditutup secara resmi oleh Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin., MP.  Sebagai ketua panitia sekaligus penanggung jawab FTB VI, dirinya menyatakan saat ini Unmul mengusung visi sebagai universitas berskala internasional. Penyelenggaraan FTB dirasa sebuah langkah kecil untuk mewujudkan visi tersebut.

016A3377

“Target sukses pelaksanaan dan sukses prestasi Alhamdulillah dapat terlampaui dengan menghantar Tim Tari FTB Unmul menjadi Juara Umum FTB VI 2016. Terimakasih semuanya tidak dapat saya sebut satu demi satu, panitia di Rektorat, tim dari Taman Budaya Kaltim, anandaku semua dari Tim Unmul, para LO, para driver, para pengantar surat, dan para sponsor yang sudah memberikan dukungan, dan semua kawan yang sudah berdoa bagi keberhasilan Tim Unmul untuk meraih Juara Umum. Unmul bisa, Unmul Juara, kalian semua Luar biasa,” jelas Dr. Encik Akhmad.

Di atas panggung, ia juga tidak ketinggalan menyampaikan permohonan maaf jika terjadi kekurangan dan kesalahan selama menjadi tuan rumah. Dikesempatan yang sama, Encik juga mengumumkan tuan rumah FTB berikutnya yang akan digelar dua tahun mendatang di University Putra Malaysia (UPM) Bintulu, Sarawak.

Hadir dalam malam anugerah ini, Rektor Universiti Teknologi Mara (UiTM) Sarawak, Malaysia, Prof. Dato Jamil Hj. Hamali, serta para tamu undangan perwakilan perguruan tinggi peserta FTB. (hms/frn)

14390860_10207251979318109_6372988652843590719_n